RESUME TIPOLOGI KELUARGA DALAM AL_QUR'AN



RESUME TIPOLOGI KELUARGA DALAM AL_QUR'AN
  
TIPOLOGI KELUARGA DALAM AL_QUR'AN

Untuk mengawali tulisan kali ini, penting bagi kita untuk mengetahui tipologi keluarga dalam masyarakat agar dengannya kita bisa mengambil tauladan dan pelajaran dari mereka yang telah berkeluarga agar keluarga yang kita bangun mendapat gelar SAMARABA (sakinah, mawaddah, rahmah, dan barakah).
 Di dalam masyarakat nyata kita bisa menemukan adanya beberapa model keluarga dengan karakternya masing-masing baik keluarga para tokoh maupun keluarga masyarakat biasa. Di dalam Al-Qur’an ada empat tipologi/model keluarga tokoh pendahulu kita yang bisa kita jadikan referensi untuk menambah wawasan dan belajar dari mereka.
 1. Keluarga para tauladan hidup seperti keluarga Nabi Muhammad, keluarga Nabi Ibrahim, keluarga Ali Imran, dan keluarga Luqman. Yaitu keluarga yang antara suami dan isteri memiliki visi dan tujuan hidup yang sama yakni dalam ketaatan kepada Allah. Suami menjadi pemimpin umat, isteri dan anaknya sebagai pendukung utamanya. Mereka layak mendapatkan surga Allah. (QS. 25 : 74)
 2. Keluarga Nabi Nuh dan Nabi Luth. Mereka adalah utusan Allah, seorang yang beriman namun memiliki isteri yang berseberangan jalan dengan dirinya dan tidak memiliki kesamaan visi sehingga suami masuk surga dan isterinya masuk neraka (QS. 66 : 10).
 3. Keluarga Fir’aun. Siapa yang tak kenal Fir’aun, seorang yang sangat kejam dan durhaka kepada Allah karena mengaku dirinya adalah tuhan, namun siapa yang menyangka kalau istri Fir’aun adalah wanita sholehah yang telah merawat masa kecil Nabi Musa. Maka Allah menjamin Fir’aun masuk nereka sementara sang istri lebih dekat kepada keimanan sehingga masuk surga. (QS. 66 : 11).
 4. Keluarga Abu Lahab. Ini adalah seburuk-buruknya keluarga karena suami dan isteri sama-sama durhaka kepada Allah dan memusuhi agama Allah. Maka kedua-duanya layak masuk neraka. (QS. 111 : 1-4).
 Lantas pertanyaannya adalah keluarga mana yang akan kita jadikan contoh dan kita jadikan teladan? Apakah keluarga Rasulullah atau keluarga Nuh, atau keluarga Fir’aun atau keluarga Abu Lahab? Kalau keluarga Rasulullah yang ingin kita contoh, maka sudah sejauh mana ikhtiar kita dalam meneladani kehidupan keluarga Rasulullah?

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "RESUME TIPOLOGI KELUARGA DALAM AL_QUR'AN"

Post a Comment